Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2019

Senyuman Semangat Mereka

"Waduh iya nggak bisa lewat" ucap Kak Dio yang sedang menyetir mobil yang kami tumpangi, saat melihat jalanan yang tertutup oleh panggung beserta pengantinnya.

Saat itu kami sedang berjalan menuju tempat dimana Kelas Jurnalis Cilik diadakan. Dikarenakan ada acara pernikahan di tengah jalan, kami memutuskan untuk parkir di pos dekat panggung. Dan ternyata untuk mencapai tempat yang kami tuju, kami harus melewati tenda tersebut.
Rasa malu dan sungkan menyerangku saat aku melewati panggung dimana ada sepasang pengantin lengkap dengan baju adat mereka, yang sedang menunggu tamu untuk berjabat tangan dan memberikan selamat. Tidak sedikit juga mata yang tertuju pada kami. Dan pada akhirnya kami berhasil keluar dari tenda acara pernikahan.
Dan dari situ, kami bertemu dengan salah satu peserta Kelas Jurnalis Cilik. Namanya Farel, dia banyak bicara, supel, dan ramah. Farel kemudian menunjukkan lokasi dimana kegiatan KJC akan berlangsung. Katanya Ia adalah ketua dari kelas ini.
Belum…

Apa saja sih yang bisa kubagikan?

Hai semua, masih inget kan aku akan pergi ke Banyumas pada bulan Oktober nanti? Nah berikut ini adalah list hal-hal yang bisa aku bagikan untuk anak-anak di sekolah PAKIS nanti.

 1. Teori musik
Tangga nadaNot balok 2.  Menyanyi bersama
Belajar pernafasan dalam bernyanyiMelatih chest voice & head voice 3.  Membuat lagu
Belajar komposisiVariasi chordsProses pembuatan lirik 4. Praktek main gitar
 Petikkan dasarChord dasar 5.  Teori Lighting dalam fotografi
Teknik dasar pencahayaan 6.  Praktek Lighting

7. Teori Bahasa Inggris
Past TenseVocabulary 8. Lomba spelling bee

9. Bikin drama dalam bahasa inggris

10. Read a loud dalam bahasa inggris

Barang-barang apa saja yang kubutuhkan untuk bisa membagikan hal-hal ini?
1. Gitar
2. Camera
3. Senter/lighting
4. Kertas garis 5 (untuk not balok)
5. Buku berbahasa inggris

Resensi Buku Pakis

"Gila keren juga ya" ucapku padahal baru setengah buku. Ya aku membaca buku! Jarang-jarang ya aku baca buku. Buku yang kali ini aku baca adalah buku yang wajib dibaca sebelum pergi berkegiatan ke Banyumas, Oktober nanti. Judulnya Pakis.
Tentang apa sih bukunya?
Buku Pakis ini ditulis oleh seorang pemuda bernama Mad Taufik yang menceritakan tentang sebuah sekolah gratis untuk anak-anak yang tidak mampu di Banyumas. Namanya MTs PAKIS. Anak-anak dari sekolah ini diajar oleh relawan dari sebuah boarding school, ya salah satunya Mad Taufik ini.Sekolah ini didirikan oleh para pemuda generasi milenial, dengan tujuan untuk mendidik anak-anak yang putus sekolah. Dan juga dengan gaya pendidikan yang tidak out-date atau ketinggalan zaman seperti pendidikan Madrasah lainnya. Menurut para pemuda yang mengajar di MTs ini, anak-anak harus lebih mengutamakan pembentukan karakter. Pemuda-pemuda ini juga sangat berdedikasi untuk mengajar anak-anak desa yang bisa dibilang kurang pendidikan. Itu…

ADVENTURE IS OUT THERE!

Pada tanggal 23 Mei 2019, aku beserta keluarga pergi keluar kota setelah sudah berlumut di rumah. Rasa tidak sabar memenuhi hati dan pikiran, karena keluargaku sangat menikmati perjalanan darat yang jauh dan penuh rintangan.

Untuk libur lebaran tahun ini, sedikit- jauh berbeda dengan lebaran-lebaran sebelumnya. Tidak, nenekku tidak pindah ke kota, dan juga bukan karena lebarannya sepi. Nenekku masih tinggal di kampung, dan  saudara-saudaraku juga masih ramai berkumpul. Tapi karena libur lebaran kali ini, aku mendapat tugas liputan & AKU SEDANG DALAM PROGRAM DIET!! Aku tau, itu adalah hal yang sangat menyeramkan untuk dilakukan. Bahkan lebih seram daripada naik flying fox yang sangat tinggi. Lebaran kan harusnya makan dimana saja, kapan saja, dan bersama siapa saja. Kali ini aku tidak bisa :")

Keputusan ini aku sendiri yang ambil, bukan karena dipaksa atau bagaimana. Oh, kalau buat yang 'liputan' itu, itu sepenuhnya ide orangtuaku. Aku sih oke-oke aja, aku menikmati pr…

REFLEKSI LDK

Tanggal 15-17 Maret kemarin, aku dan teman-teman mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Botani, Bogor. Sebagai tiket kami berangkat ke LDK, kami harus melengkapi beberapa tugas pra-ekspedisi.

Persiapannya itu yang pertama, bikin nasi. Menurutku ini sangat penting karena tanpa latihan, kami tidak akan berhasil membuat nasi yang empuknya pas. Jadi harus banyak-banyak latihan memang guys. Nah yang tidak kalah penting juga adalah olahraga!! Kalau tidak olahraga yang benar nih guys, bakalan kecapean banget pas trekking. Jadi supaya bisa keep up, olahraganya harus yang niat ni.

Kami juga saling mengingatkan teman-teman seregu supaya memenuhi jadwal olahraga. Karena kalau ada yang keskip atau kosong, bisa-bisa kita nanti harus nyuciin piring regu lain. Untungnya reguku cukup disiplin dan bisa diandalkan. Jadi semua jadwal olahraga terpenuhi.

Banyak hal yang kualami saat berkegiatan di acara LDK kemarin. Contohnya, tali-temali, jurit malam, menjadi MC di api unggun, jalan-jala…

Movie review Survival Family

Oke, jadi secara garis besar, film ini menceritakan sebuah keluarga kota yang tinggal di Tokyo dan seperti banyak keluarga kota lainnya, mereka jarang berinteraksi satu sama lain. Bahkan ayah yang memiliki 2 anak ini seperti tidak punya waktu untuk mereka, sementara ibu mereka sangat perhatian, tapi tidak digubris oleh anak-anaknya yang hanya mementingkan gadget mereka.

Pada suatu hari, terjadiah pemadaman listrik di dunia yang membuat keluarga kota ini kebingungan. Mereka tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari mereka yang sudah sangat dibantu oleh teknologi dan listrik. Mulai dari transportasi sampai mencari berita, semuanya tidak ada yang bisa dipakai.

Mereka terlihat sangat kesusahan tanpa listrik. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi dari Tokyo dan mengungsi ke desa dimana tempat ayah dari ibu keluarga ini tinggal. Dikarenakan kereta yang biasa mereka gunakan untuk berpegian adalah kereta listrik, mereka terpaksa melakukan perjalanan dengan sepeda, dengan bantuan peta dan b…

Log Book Pramuka 2018 term 2

Ini isi logbook aku selama term ke-2 Pramuka Oase 2018.