Langsung ke konten utama

Wihiiiiii, Bermain Di Kepulauan Seribu!! (OasEksplorasi Day-2)



“Duh panas banget sih?!” pikirku yang masih  tergeletak di ranjang dengan baju yang basah kuyup terkena keringat. Walaupun ada AC di kamar, tapi sepertinya AC tersebut membuat kamar malah tambah panas. Saat kulihat jam tanganku, ternyata baru jam 2 pagi! Ugh, malam masih panjang, dan aku tidak bisa tidur karena panas yang sangat menusuk. Akhirnya, aku mengambil buku ku, dan mengipasi diriku sampai aku tertidur lagi.

Aku terbangun lagi jam 05.00 pagi, dan langsung memukul pelan punggung Syifa dan Tata. Ya, untungnya mereka bangun cepat, jadi aku merasa lebih tenang karena tidak ada PR membangunkan orang yang susah dibangunkan. Pagi itu, kami langsung mengambil bolpen dan buku, sehingga dapat langsung menyelesaikan jurnal yang kemarin belum selesai.

“Toktoktok” suara itu terdengan dari pintu kamar kami. “Syifa, Tata, sarapan dulu” suara Ibu masuk dari depan pintu kamar. Memang, Ibu tidak pernah sekalipun memanggil namaku :(. Ibu membelikan kami sarapan nasi uduk dan teh hangat. Wah, nikmat sekali rasanya.

Hari ini jadwal kami adalah membersihkan pantai di Pulau Kayu Angin Bira, snorkeling di Perairan Pulau Macan, lalu bermain sepuasnya di Pulau Perak!!!

Jam 06.00, kami sudah siap dengan tas kami yang berisi barang-barang yang dibutuhkan nanti. Dan akhirnya setelah beberapa menit kami bergelud dengan kamar yang berantakan, pada jam 06.30 kami siap berangkat ke titik kumpul!!
 Titik kumpul kami, pada hari itu di taman terpadu. Kami berjalan cepat, lebih tepatnya berlari ke taman terpadu karena takut telat. Disana sudah banyak teman-teman berkumpul, sambil bermain ayunan. Setelah semuanya berkumpul, kami diberi pelampung masing-masing dan siap berangkat!!!!!

Tujuan pertama kami adalah Pulau Kayu Angin Bira. Kami mengumpulkan sampah-sampah di pulau ini. Wah, panas betul pagi itu. Pulau ini adalah pulau dimana penyu bertelur, tapi sayangnya pulau ini banyak sampahnya. Jadi kami bertugas untuk memungut sampah-sampah yang berserakan di pulau ini. Aku, Tata, dan Syifa berhasil menumpulkan sampah banyak! Dan ketika kami lihat, teman-teman kamipun mendapatkan sampah dalam jumlah yang banyak juga!!! Kami hebat ya?!

Kami begitu kelelahan karena mengelilingi pulau sambil memungut sampah. Tak lama setelah kelompokku selesai, kami dipersilahkan naik ke kapal untuk meneruskan perjalanan. Kami pergi ke perairan Pulau Macan untuk bersnorkeling. Pertama, aku agak takut-takut karena aku ngeri kalau tenggelam. Tapi terima kasih kepada Ziel dan Abel yang telah memberanikanku, akhirnya aku melompat dan wah, segar juga ya! Ikan-ikan benar-benar sangat dekat dengan kami, bahkan kami dapat memegang ikan-ikannya. Kami snorkeling cukup lama, dan kami sempat di foto dalam air. Pokoknya keren deh!!

Teman-teman sudah mulai naik keatas kapal, jadi aku ikut naik. Saat menaiki kapal, badanku jadi terasa sangat berat. Aku hampir jatuh lagi saat memanjat kapal. Setelah berhasil bergulad dengan tangga kapal, akhirnya aku berhasil menapakkan kakiku di atas kapal. Pada saat itu, matahari sangat terik, jadi kakiku kepanasan dan membuatku lompat-lompat di atas kapal.
Selesai kami snorkeling, kami dibawa ke Pulau Perak. Disana kami makan siang, lalu kami…… BERMAIN!! Aku sudah menunggu berbulan-bulan untuk hari ini, dan akhirnya tiba! Kami bermain di pantai yang sangat indah. Awalnya, aku hanya ingin di pasir saja tanpa basah-basahan. Tapi sayangnya, Fattah memasukkan pasir basah ke dalam bajuku. Jadi mau tidak mau, aku ikut basah-basahan. Tapi aku berterimakasih juga ke Fattah, karena kalau dia tidak memasukkan pasir basah ke bajuku, mungkin aku tetap tidak ikut basah-basahan dan melewatkan keasyikan yang luar biasa! Saat aku sedang nyebur ke laut, sepertinya ada serangga atau binatang yang menyengat kakiku. Jadi aku tidak bisa melanjutkan bermain di air :(. Tapi untungnya setelah kakiku disengat, kami pulang, jadi aku tidak merasa begitu dirugikan.

Setelah perjalanan yang lumayan panjang, kami akhirnya sampai Pulau Harapan. Jam 15.00 Aku, Tata, dan Syifa sudah sampai rumah inang dan langsung mandi karena habis snorkeling. Tak lama setelah kami mandi, kami memutuskan untuk keluar rumah, dan aku memutuskan untuk mengambil beberpa footage untuk outputku yaitu sebuah video documenter.

Tidak ada yang spesial sore itu, jadi kami memutuskan untuk kembali ke rumah berharap ada makanan. Dan yak!! Saat kami pulang, hidangan makan malam sudah ada di atas meja! Wah terlihat sangat lezat makan malam kami waktu itu. Kami mendapatkan makan malam ikan goreng andalan Bu Jejah yang lezat, sup sayur yang hangat tapi segar, bersama tempe yang digoreng keemasan. Dengan lahap, kami menyantap makan malam kami. Malam itu, kami tidak mengerjakan jurnal kami di luar karena kami terlalu lelah. Jadi setelah makan malam, kami masuk kamar dan menulis jurnal.

Dan kami mengakhiri malam kami dengan merekam “room tour” dengan pembawa acara Syifa!! Malam itu mungkin malam yang paling lucu untuk kami.
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MULAI TERJUN KE JURANG - ONE MONTH FULL OF ADVENTURE PART 2

The First Morning
"besok pagi Kang Is ajak jalan-jalan keliling desa ya" ucap Kang Is malam kemarin yang menghantuiku pagi ini. Aku merasa sangat bersalah karena aku dan teman-teman terlambat bangun, dan membuat kami tidak jadi keliling desa.

Pagi ini ketika aku keluar dari sleeping bag, hawa dingin dari desa pesawahan itu langsung menusuk tubuhku sampai ke tulang. Wahhh benar- benar dingin, sampai mampu membuatku menggigil serta merinding.

Hal pertama yang aku & Anja lakukan Hari itu adalah segera bergegas ke kamar mandi. Karena di dalam kantor hanya tersedia satu bilik toilet, kami tidak jarang berebut kamar mandi.

Awalnya aku berencana untuk mandi, karena aura rajin masih melekat pada diriku. Tapi sesaat ketika aku menyentuk airnya, aku langsung mengurungkan niat untuk mandi. Sudahlah aku cuci muka dan gosok gigi saja, yang penting deodorant selalu terpakai hahah.

Berdiskusi Di Dekat Hutan
Sebelum kami beranjak dari kantor untuk masuk ke kelas, Kang Is ngebrief kami sebent…

AWAL YANG MENYENANGKAN - ONE MONTH FULL OF ADVENTURE PART 1

"This is it" 
Kata-kata yang sudah kuucap beberapa kali sambil menghela nafas yang berat pagi itu. Ya, sudah tanggal 8 Oktober 2019, waktunya aku menenggelamkan diriku ke dalam petualangan selanjutnya di hidupku. Aku akan pergi ke sebuah sekolah yang terletak di desa kecil yang bernama Desa Pesawahan. Desa ini terletak di kecamatan Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah, untuk sebulan.

"Galau Gaes"
 Wah perasaanku benar-benar campur aduk ketika mulai masuk TOL Becakayu. Aku masih ngantuk pagi itu, tapi aku tidak bisa tidur. Selalu saja setiap kali aku mencoba menutup mataku, pasti jantungku berdebar tambah kencang. Perutku juga sudah mulai mules-mules karena gelisah. Aku mencoba membayangkan diriku yang akan tinggal di tempat asing, dimana aku tidak mengenal siapa-siapa selain teman-temanku berlima ini yang sama-sama mengikuti program ini, selama satu bulan! Dan minim alat komunikasi! Ya! Tidak bawa handphone! Huhu kenapa sih galaunya tuh pas mau berangkat? Kan udah gaada go…

REFLEKSI LDK

Tanggal 15-17 Maret kemarin, aku dan teman-teman mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Botani, Bogor. Sebagai tiket kami berangkat ke LDK, kami harus melengkapi beberapa tugas pra-ekspedisi.

Persiapannya itu yang pertama, bikin nasi. Menurutku ini sangat penting karena tanpa latihan, kami tidak akan berhasil membuat nasi yang empuknya pas. Jadi harus banyak-banyak latihan memang guys. Nah yang tidak kalah penting juga adalah olahraga!! Kalau tidak olahraga yang benar nih guys, bakalan kecapean banget pas trekking. Jadi supaya bisa keep up, olahraganya harus yang niat ni.

Kami juga saling mengingatkan teman-teman seregu supaya memenuhi jadwal olahraga. Karena kalau ada yang keskip atau kosong, bisa-bisa kita nanti harus nyuciin piring regu lain. Untungnya reguku cukup disiplin dan bisa diandalkan. Jadi semua jadwal olahraga terpenuhi.

Banyak hal yang kualami saat berkegiatan di acara LDK kemarin. Contohnya, tali-temali, jurit malam, menjadi MC di api unggun, jalan-jala…