Langsung ke konten utama

Video Dokumenter Favorit

Video dokumenter favoritku adalah salah satu video dari Eagle Awards, yang berjudul Dolanan Kehidupan. 
Video ini menceritakan tentang seorang ibu (bisa dibilang nenek) yang mencari nafkah dengan cara  berjualan mainan anak dari bambu.
Berjualan mainan ini sudah menjadi pekerjaan turun temurun. Sejak jaman perang, Bu Wiyarjo sudah diajak berjualan bersama neneknya. Ia dulu tinggal bersama anaknya, tapi semenjak anaknya melahirkan, Ia pindah ke gubuk kecil. Ia melakukan semua kegiatan di gubuk kecil itu sendiri, anaknya sering membantu Ibu Wiyarjo dalam proses membuat mainan. Setiap hari, Ia bangun subuh-subuh untuk berjalan ke lokasi dimana mainannya bisa laku. Perjalanan dari rumahnya ke lokasi dimana Ia berjualan, sekitar 20 km. Ia tidak takut jika mainannya tidak laku, karena Ia percaya bahwa Tuhan selalu memberi kesempatan untuk hidup. Sampai sekarang, Ia masih sering berkunjung ke rumah anaknya, dan menjenguk cucunya yang Ia sayangi.

Aku memilih video ini sebagai video dokumenter favoritku karena semangat hidup Bu Wiyarjo sangatlah tinggi, dan Ia memberiku motivasi supaya tidak pantang menyerah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MULAI TERJUN KE JURANG - ONE MONTH FULL OF ADVENTURE PART 2

The First Morning
"besok pagi Kang Is ajak jalan-jalan keliling desa ya" ucap Kang Is malam kemarin yang menghantuiku pagi ini. Aku merasa sangat bersalah karena aku dan teman-teman terlambat bangun, dan membuat kami tidak jadi keliling desa.

Pagi ini ketika aku keluar dari sleeping bag, hawa dingin dari desa pesawahan itu langsung menusuk tubuhku sampai ke tulang. Wahhh benar- benar dingin, sampai mampu membuatku menggigil serta merinding.

Hal pertama yang aku & Anja lakukan Hari itu adalah segera bergegas ke kamar mandi. Karena di dalam kantor hanya tersedia satu bilik toilet, kami tidak jarang berebut kamar mandi.

Awalnya aku berencana untuk mandi, karena aura rajin masih melekat pada diriku. Tapi sesaat ketika aku menyentuk airnya, aku langsung mengurungkan niat untuk mandi. Sudahlah aku cuci muka dan gosok gigi saja, yang penting deodorant selalu terpakai hahah.

Berdiskusi Di Dekat Hutan
Sebelum kami beranjak dari kantor untuk masuk ke kelas, Kang Is ngebrief kami sebent…

AWAL YANG MENYENANGKAN - ONE MONTH FULL OF ADVENTURE PART 1

"This is it" 
Kata-kata yang sudah kuucap beberapa kali sambil menghela nafas yang berat pagi itu. Ya, sudah tanggal 8 Oktober 2019, waktunya aku menenggelamkan diriku ke dalam petualangan selanjutnya di hidupku. Aku akan pergi ke sebuah sekolah yang terletak di desa kecil yang bernama Desa Pesawahan. Desa ini terletak di kecamatan Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah, untuk sebulan.

"Galau Gaes"
 Wah perasaanku benar-benar campur aduk ketika mulai masuk TOL Becakayu. Aku masih ngantuk pagi itu, tapi aku tidak bisa tidur. Selalu saja setiap kali aku mencoba menutup mataku, pasti jantungku berdebar tambah kencang. Perutku juga sudah mulai mules-mules karena gelisah. Aku mencoba membayangkan diriku yang akan tinggal di tempat asing, dimana aku tidak mengenal siapa-siapa selain teman-temanku berlima ini yang sama-sama mengikuti program ini, selama satu bulan! Dan minim alat komunikasi! Ya! Tidak bawa handphone! Huhu kenapa sih galaunya tuh pas mau berangkat? Kan udah gaada go…

REFLEKSI LDK

Tanggal 15-17 Maret kemarin, aku dan teman-teman mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Botani, Bogor. Sebagai tiket kami berangkat ke LDK, kami harus melengkapi beberapa tugas pra-ekspedisi.

Persiapannya itu yang pertama, bikin nasi. Menurutku ini sangat penting karena tanpa latihan, kami tidak akan berhasil membuat nasi yang empuknya pas. Jadi harus banyak-banyak latihan memang guys. Nah yang tidak kalah penting juga adalah olahraga!! Kalau tidak olahraga yang benar nih guys, bakalan kecapean banget pas trekking. Jadi supaya bisa keep up, olahraganya harus yang niat ni.

Kami juga saling mengingatkan teman-teman seregu supaya memenuhi jadwal olahraga. Karena kalau ada yang keskip atau kosong, bisa-bisa kita nanti harus nyuciin piring regu lain. Untungnya reguku cukup disiplin dan bisa diandalkan. Jadi semua jadwal olahraga terpenuhi.

Banyak hal yang kualami saat berkegiatan di acara LDK kemarin. Contohnya, tali-temali, jurit malam, menjadi MC di api unggun, jalan-jala…