Langsung ke konten utama

Output Eksplorasi 2017

Halo semuanya, maaf nih baru upload lagi, dan uploadnya bukan bercerita tentang "teman-temanku". Aku sedang mengerjakan tugas homeschoolingku. Jadi, aku akan menjalankan sebuah perjalanan ke pulau untuk mempelajari sesuatu yang aku minati di pulau tersebut, dan ini salah satu tugasku:

Output Eksplorasi 2017
·       Bentuk output:
o   Video documenter tentang profil profesi seseorang yang ada di pulau.
o   Durasi: 6-10 menit
o   Tanpa narator, diceritakan langsung dari orang pertama/tokoh utama.
o   Mendokumentasikan keseharian tokoh utama, yang berkaitan dengan pekerjaan, keluarga, dan lingkungan tempat hidup tokoh utama.

·       Sistematika peliputan/pendokumentasian:
A.    Membuat template script
B.    Menentukan profesi apa yang akan didokumentasikan.
C.    Persiapan alat sesuai dengan kebutuhan
D.    Observasi lokasi dan Subyek

A. Membuat template script:
       Karena masih belum pasti di pulau apa kita akan berkegiatan, dan profesi apa saja yang ada di sana, maka dibutuhkan sebuah script yang bisa digunakan untuk berbagai profesi.
Secara garis besar, script akan berisikan tentang:
·       Who
Berkaitan dengan kehidupan pribadi tokoh utama, seperti keluarganya, tetangganya, lingkungannya, latar belakangnya, dll.


·       What & Why
Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya, seperti kenapa memilih profesi tersebut, suka dan dukanya selama menjalankan profesi tsb.

·       Where
Disini aku akan banyak menggali lebih banyak tentang lokasi dimana dia bekerja, seperti perlengkapan kerja, risiko kerja, kondisi tempat kerja, jam kerja, dll.

·       How
Bagaimana dia menjalankan pekerjaannya. Aku akan menampilkan detail bagaimana dia akan melakukan pekerjaannya.

        B. Menentukan profesi yang akan didokumentasikan:
Step 1: Mencari informasi tentang pulau yang akan kita kunjungi
Step 2: Setelah mengetahui pulau apa yang akan kita datangi, mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pulau itu, seperti letak lokasinya, kehidupan masyarakatnya, fasilitas-fasilitas yang sudah ada disana, dari situ aku akan mengetahui profesi apa saja yang ada disana.
Step 3: Menentukan profesi apa yang akan aku angkat kedalam video documenter yang akan aku buat.


   C. Persiapan alat sesuai dengan kebutuhan:
Setelah mengetahui lokasi dan profesi apa yang akan aku dokumentasikan, aku bisa mempersiapkan alat yang sesuai dengan kebutuhanku. Seperti jenis lensa yang akan aku bawa, kamera yang akan aku gunakan, dan perlengkapan-perlengkapan lain seperti tripod, lampu, alat perekam, dll.


     D. Observasi lokasi dan subyek:
Sampai dipulau, hal pertama yang akan kulakukan adalah melakukan observasi tempat. Mencari lokasi tempat tinggal dan tempat bekerja subyek. Mencari siapa yang akan menjadi subyek outputku, misalnya aku akan mencari sekolah jika subyekku adalah seorang guru, atau mencari puskesmas jika subyekku adalah seorang dokter/bidan, dan jika profesi subyekku adalah nelayan, aku akan mencari perkampungan nelayan.
Setelah menemukan orang yang akan menjadi subyek film ku, aku akan berkenalan dan meminta ijin kepadanya untuk mendokumentasikan kehidupan dan profesinya.

  
     









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Log Book Pramuka 2018 term 2

Ini isi logbook aku selama term ke-2 Pramuka Oase 2018.







REFLEKSI LDK

Tanggal 15-17 Maret kemarin, aku dan teman-teman mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Botani, Bogor. Sebagai tiket kami berangkat ke LDK, kami harus melengkapi beberapa tugas pra-ekspedisi.

Persiapannya itu yang pertama, bikin nasi. Menurutku ini sangat penting karena tanpa latihan, kami tidak akan berhasil membuat nasi yang empuknya pas. Jadi harus banyak-banyak latihan memang guys. Nah yang tidak kalah penting juga adalah olahraga!! Kalau tidak olahraga yang benar nih guys, bakalan kecapean banget pas trekking. Jadi supaya bisa keep up, olahraganya harus yang niat ni.

Kami juga saling mengingatkan teman-teman seregu supaya memenuhi jadwal olahraga. Karena kalau ada yang keskip atau kosong, bisa-bisa kita nanti harus nyuciin piring regu lain. Untungnya reguku cukup disiplin dan bisa diandalkan. Jadi semua jadwal olahraga terpenuhi.

Banyak hal yang kualami saat berkegiatan di acara LDK kemarin. Contohnya, tali-temali, jurit malam, menjadi MC di api unggun, jalan-jala…

Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan/Minuman

Untuk tantangan ke-8, regu kami diberi tugas untuk mencari informasi tentang pertolongan pertama pada keracunan makanan/minuman.
Pertamanya aku bingung mau bikin apa ya? Dan tidak tau akan menuliskan apa saja di tugas kali ini. Tapi setelah berunding bersama teman-teman seregu, kami membagi tugas, dan dalam waktu yang sangat singkat, tugas kami terkumpul semua.
Setelah bingung-bingung mau buat apa, akhirnya aku memutuskan untuk membuat infografis yang simpel tapi jelas.
Inilah infografisku, yang aku buat dalam 1 jam menggunakan aplikasi dari hp. Wah perjuangannya amat sangat lah pokoknya..