Langsung ke konten utama

Tantangan Mini Exploration (Diamond In The Rough)

Nah di tantangan yang satu ini, aku ditantang untuk mewawancarai orang asing tentang makanan favoritnya. Aku mewawancarai Ibu yang berjualan di dekat danau saat aku hunting foto. Danau itu bernama Danau Rawa Geude, di daerah Jonggol.

Hasil yang aku dapatkan:

  • Nama: Ibu Layla
  • Makanan kesukaan: Bakso, tetapi juga suka ikan asin dan sambal.
  • Sebab menyukai makanan itu: Suka bakso karena bakso itu enak, kalau ditambah sambel dan kecap menjadi sangat lezat, dan suka memakan bakso saat hujan. Suka ikan asin dan sambal karena sudah menjadi makanan sehari-hari dari kecil.
  • Tambahan dari wawancara: 
    • Ibu Layla sedang memperbesar warungnya, dan semua bahan yang diperlukan untuk memperbesar warungnya ini sudah disediakan oleh alam seperti; pasir, batu dan air. Maka dari itu, Ibu Layla tidak mengeluarkan uang yang begitu banyak, paling hanya untuk membeli semen dan menyewa tukang. 
    • Menurut keterangan Bu Layla untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, Ibu Layla harus pergi ke pasar dan harus membayar ojek seharga Rp 50.000,00 sekali jalan. Jadi Ia hanya pergi ke pasar di hari tertentu saja dan setiap ke pasar, ia pasti belanja sekaligus banyak. 
    • Ibu Layla berpendapat bahwa alam telah memberinya penghidupan sehingga dia hanya mengambil secukupnya dari alam. Seperti dalam memperbesar warungnya ini, ia tidak menebang satu pohon pun, karena Ia tau jika Ia melakukannya, danau yang sangat Ia butuhkan akan kekurangan air. Nah, Ibu Layla ini sangat mencintai alam disekitarnya. Dia merawat hutan, dan danau di dekat situ. Jika dia membutuhkan sesuatu, dia akan sangat membutuhkan danau dan hutan itu. 
Ini dia hasil wawancaraku. Menurutku, orang yang berhati seperti Ibu Layla ini sudah sangat jarang, jadi aku memilihnya untuk tantangan ini. Sebenarnya di hari itu, aku sangat deg-degan karena aku selalu takut berbicara dengan orang asing. Ya tapi aku bersyukur karena aku dapat melakukan tantangan ini dengan baik. Sepertinya ini saja yang mau aku sampaikan di tantangan kali ini. Terima kasih..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Log Book Pramuka 2018 term 2

Ini isi logbook aku selama term ke-2 Pramuka Oase 2018.







REFLEKSI LDK

Tanggal 15-17 Maret kemarin, aku dan teman-teman mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan di Villa Botani, Bogor. Sebagai tiket kami berangkat ke LDK, kami harus melengkapi beberapa tugas pra-ekspedisi.

Persiapannya itu yang pertama, bikin nasi. Menurutku ini sangat penting karena tanpa latihan, kami tidak akan berhasil membuat nasi yang empuknya pas. Jadi harus banyak-banyak latihan memang guys. Nah yang tidak kalah penting juga adalah olahraga!! Kalau tidak olahraga yang benar nih guys, bakalan kecapean banget pas trekking. Jadi supaya bisa keep up, olahraganya harus yang niat ni.

Kami juga saling mengingatkan teman-teman seregu supaya memenuhi jadwal olahraga. Karena kalau ada yang keskip atau kosong, bisa-bisa kita nanti harus nyuciin piring regu lain. Untungnya reguku cukup disiplin dan bisa diandalkan. Jadi semua jadwal olahraga terpenuhi.

Banyak hal yang kualami saat berkegiatan di acara LDK kemarin. Contohnya, tali-temali, jurit malam, menjadi MC di api unggun, jalan-jala…

Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan/Minuman

Untuk tantangan ke-8, regu kami diberi tugas untuk mencari informasi tentang pertolongan pertama pada keracunan makanan/minuman.
Pertamanya aku bingung mau bikin apa ya? Dan tidak tau akan menuliskan apa saja di tugas kali ini. Tapi setelah berunding bersama teman-teman seregu, kami membagi tugas, dan dalam waktu yang sangat singkat, tugas kami terkumpul semua.
Setelah bingung-bingung mau buat apa, akhirnya aku memutuskan untuk membuat infografis yang simpel tapi jelas.
Inilah infografisku, yang aku buat dalam 1 jam menggunakan aplikasi dari hp. Wah perjuangannya amat sangat lah pokoknya..