Jumat, 27 Juli 2018

Day 5: Bye Kepulauan Seribu!

Seperti biasa, pagi itu kami dibangunkan oleh Kaysan untuk subuhan. Hari itu aku benar-benar tak ingin bangun, karena anginnya sedang kencang dan itu membuatku menjadi mager. Bangun-bangun, Adinda langsung mengeluh padaku karena katanya aku menendang kepalanya. Tak kebayang bagaimana posisiku, tapi hal itu sebenarnya bisa terjadi sih.

Aku yang mengungsi di tenda Regu Putri Do-Young memutuskan untuk bangun dan mengecek reguku. Wah, ternyata Anja sudah bangun dan sudah mengamati komporku. Ternyata dia bingung cara mengeluarkan gas dari kompor itu. Melihatnya, membuatku geli karena cara dia mengamati kompor, seperti mengamati serangga yang sudah sangat langka. Setelah puas menertawakan Anja (aku ketua yang buruk), aku akhirnya membantunya mengeluarkan gas.

Untuk memulai hari, aku membereskan flysheet, matras, dan tali jemuran reguku. Dan hari itu aku harus melakukan kegiatan yang paling aku benci. Bukan hanya pulang, tapi harus packing ulang. ARGH sangat merepotkan! Karena buatku packing ulang sangat ribet, aku menguyel-uyel bajuku supaya paling tidak, semuanya bisa masuk kedalam carrierku.

Pelipatan tenda juga berjalan dengan baik. Regu De Dublob bisa melipat tenda tanpa bantuan lainnya! Yes! Agak ribet sih awalnya, tapi untung aku sudah latihan beberapa kali dirumah jadi di lapangan aku sudah mahir.

Setelah semua persiapan sudah beres, kami dijemput oleh sebuah kapal kayu yang besar. Kami berhenti sebentar di Pulau Pramuka untuk membeli sarapan, lalu meluncur lagi sampai Jakarta!

Awalnya, perjalan terasa sangat menyenangkan. Tapi tidak menyenangkan lagi setelah ombak di laut mulai besar. Kapalnya terasa oleng dan membuat penumpang didalam mabok. Aku, yang biasanya tidak mabok dalam perjalanan, sampai ingin muntah saat kapal kami melewati ombak. 'Aku ingin cepat-cepat sampai Jakarta' pikirku saat itu. Padahal tadinya nggak mau pulang.

Untungnya, kami semua selamat sampai Pelabuhan Kali Adem. Papa dan mama juga sudah menjemputku! Waaaah senang sekali aku rasanya setelah terlepas dari kapal itu.

Dan dengan ini, aku menyelesaikan perjalanan eksplorasiku tahun ini. Sungguh, dengan eksplorasi ini, aku mendapatkan banyak sekali pengalaman serta cerita-cerita baru. Aku juga berjanji akan datang ke pulau-pulau ini lagi, tapi... DENGAN KAMERA.



Kredit Foto: Kak Ali/TeamPixel.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar